Sabtu, 28 Januari 2017

Benarkah Kota Surabaya Hanya Sebesar Jaksel Seperti Kata Ahok?

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meradang. Sebabnya, dia tidak terima Kota Surabaya yang dipimpinnya hanya disetarakan dengan Jakarta Selatan, seperti yang dinyatakan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Risma tidak terima karena menganggap secara geografis saja, luas Surabaya hanya setengah dari luas seluruh Provinsi DKI Jakarta. Bahkan, Risma menyebut Ahok adalah orang yang sombong.

Lalu, benarkah luas Surabaya hanya seluas Jakarta Selatan seperti kata Ahok?

Berdasarkan berbagai situs resmi Pemprov DKI Jakarta, Jumat (12/8/2016), luas seluruh Provinsi DKI Jakarta adalah 661,52 kilometer persegi. Sedangkan Kota Surabaya berdasarkan data di Kemendagri memiliki luas 350,54 kilometer persegi. 

DKI Jakarta memiliki 5 kota administrasi dan satu kabupaten dengan total 44 kecamatan. Sedangkan Surabaya memiliki 31 kecamatan.

Dari perbandingan luas daerah, maka secara geografis luas daerah yang diurus Ahok dan Risma tidak berbeda jauh. Yang membuat Risma meradang adalah saat Ahok membandingkan Surabaya dengan Jakarta Selatan. Padahal, wilayah Jakarta Selatan berdasarkan data di situs Pemprov DKI hanya memiliki luas 145,73 kilometer persegi, atau sekitar sepertiga luas daerah Surabaya.

Semalam, Risma meluapkan kekecewaannya. Perkaranya adalah Risma menganggap Ahok membandingkan Surabaya dengan Jakarta Selatan berdasarkan data yang tidak valid.

"Luas kami separuh Jakarta, Pak Ahok dibantu 5 walikota. Aku sendiri di Surabaya. Fakta ini harus kusampaikan. Itu orang sombong. Warga Surabaya bisa marah dihina begitu. Aku kalau ngomong ya berbasis data," kata Risma, Kamis (11/8).

Ahok memang sebelumnya menolak membandingkan Jakarta dengan Surabaya. Pasalnya, menurut Ahok, Jakarta sebagai provinsi tidak bisa dibandingkan dengan Surabaya yang kota madya. Ahok lalu menyebut bahwa Surabaya setara dengan Jakarta Selatan. Hal itu lah yang membuat Risma tak terima.

Jadi, dari mana Ahok mendapat data bahwa Surabaya hanya seluas Jakarta Selatan? 

http://news.detik.com/berita/3273683/benarkah-kota-surabaya-hanya-sebesar-jaksel-seperti-kata-ahok

Artikel Terkait

Newest Post